Munculnya Sedikit Motivasi Mengerjakan Proposal Skripsi [Curhat Skripsi part 2]

Sudah satu semester hari hariku diisi dengan rutinitas bebas.
Hanya duduk duduk baca buku ngopi ngrokok ngobrol
Tak ada keinginan untuk mengerjakan skripsi.
Dan proposalku hanya baru sampai di bab 2 itupun banyak yang cuma ngambil dari skripsi kakak kelas (karena topiknya mirip)
Kemudian datanglah kabar bahwa dosen dosen pembimbingku ingin aku menemuinya.
Dengan agak canggung aku menemui dosen pembimbingku.
Dua dosen pembimbingku itu wanita. 
Mereka memulai obrolan dengan pertanyaan yang lemah lembut
"Sudah sampai mana proposalnya??"
Lalu ku jawab "baru bab 2 bu"
"Sudah satu semester loh..masa udah males2an..Baru aja mau mulai.Coba dikerjain dulu, sedikit sedikit gapapa.Temen2mu udah banyak loh yang ngerjain."

Kemudian aku dan dosenku ngobrol2.

Dan sampai akhirnya aku menceritakan kenapa aku proposalnya blum diselesaikan.
Aku bilang aku merasa ada yang mengganjal di benakku.
Aku terpikir bahwa apa yg aku nanti kerjakan untuk skripsi itu tidak terlalu penting.
Lalu ibu pembimbingku mencoba memberitahu untuk tidak usah memikirkan sampai kesitu.
Dia mulai memberitahu bahwa mungkin memang penelitian yg nanti dikerjakan tidak langsung terlihat manfaatnya..
namun pasti nanti akan bermanfaat karena data-data hasil penelitian nantinya akan dibutuhkan untuk penelitian yang lebih lanjut.
Dan juga manfaat lainnya akan terlihat ketika proses pengerjaan dari penelitian itu..
yaitu akan meningkatkan keterampilan dan keahlianku pada topik yang sedang aku teliti.
Aku jg diingatkan bahwa aku bertanggung jawab atas penelitian ini..
karena aku telah mengambil keputusan untuk ikut proyek dari LIPI
Jadi sebaiknya aku jangan hanya semauku sendiri..
karena bisa jadi penelitian ini di deadline, dan dari pihak LIPI benar-benar membutuhkan data-data hasil penelitianku dalam waktu dekat.
aku diingatkan bahwa mungkin saja data hasil penelitian ini berguna untuk proyek LIPI..
Makanya sebaiknya aku melanjutkan untuk mengerjakan proposalku.
dosen pembimbingku juga mengatakan kalau aku tuh pinter, sayang kalau misal ga dilanjutin.
Lagipula juga untuk ngerjain penelitian gini mah ga terlalu masalah buat aku.


Aku harus lulus.

Saat ini yg paling membuatku termotivasi adalah karena kelemahlembutan dosenku dalam membimbingku sehingga aku ingin membalasnya dengan hasil yg memuaskan.
Lalu juga karena aku sekarang merasa memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan penelitian ini..
Serta dengan keyakinan bahwa penelitian ini tidaklah sia-sia..
pasti ada manfaatnya..
Aku pasti bisa mengerjakan penelitian ini.
Meski masih ada rasa terpaksa sih..
Doain ya teman..
Minggu depan aku akan menyerahkan proposalku ke dosen dosen pembimbingku

Iezel
Share: