Belajar adalah proses, sedangkan hasil adalah tujuannya

Ketika saya merasakan nikmatnya membuat tulisan-tulisan, saya yakin bahwa inilah hobi saya. Meskipun saya merasa tulisan-tulisan saya masih ya jelek lah kalau dibandingkan dengan penulis-penulis yang terkenal. Namun inilah yang saya senangi. Dengan tulisan, saya bisa menyampaikan apapun yang saya pikirkan, saya bisa menciptakan dunia apapun seperti yang ku inginkan.
Karena saya menyadari bahwa tulisan saya masih perlu ditingkatkan, saya akan terus belajar bagaimana caranya menulis yang baik. Dan saya akan terus menulis selagi saya memiliki ide dan keinginan untuk menulis.
Hasilnya apa dari belajar itu? Mungkin bisa apapun, bisa gagal, bisa sukses, bisa malah menghasilkan sesuatu yang lain. Dan sampai saat ini mungkin hasil yang kudapatkan dari belajar itu adalah kenikmatan. Itulah hasil yang saya patut syukuri.
Tadi saya mengirimkan cerpen yang saya buat ke aria pustaka. Untuk lomba. Di peraturan tidak dibolehkan untuk mempublishnya di media manapun, so, untuk sementara kamu tidak bisa membaca cerpen yang saya buat. huhu. Tapi sabar aja, nanti setelah lomba selesai pasti akan saya taruh di blog ini kok. Dan kalian bisa bebas membacanya.
 
Ohhh iya, tidak banyak orang yang dapat menikmati kegiatan yang dilakukan, ada orang yang menggebu-gebu hanya untuk mencapai tujuan tertentu (misal terkenal, dapat duit) dan jika keinginannya tidak tercapai maka akan begitu tertekan dan akhirnya kenikmatan tak kunjung didapat. Menurutku memanglah tujuan itu penting, tetapi yang paling penting adalah menikmati prosesnya. Karena bagaimanapun untuk dapat menikmati yang kita lakukan, untuk merasakan apa yang sedang kita lakukan, kita harus menikmati proses belajar itu sendiri.
Jika sekalipun kita gagal, sebenarnya kita telah berhasil. Setidaknya berhasil membuktikan diri bahwa kita bisa belajar.
Jangan larut pada kegagalan, dan bangkitlah untuk belajar lagi.
Nikmatilah proses belajar itu.

Iezel
Share: