Skripsi Susah Gak ya? [Curhat Skripsi part 6]

Pertanyaan tersebut akan memiliki jawaban berbeda-beda, kenapa bisa beda?
Iyalah, karena tiap orang memiliki kemampuan masing-masing, sebenarnya bukan hanya kemampuan saja sih yang mempengaruhi. Justru keuletan dalam mengerjakan skripsilah sebenarnya yang paling mempengaruhi pengerjaan skripsi susah atau tidak. Karena pada dasarnya dosen pembimbing akan mendukung pengerjaan skripsi, jika ada kesulitan, dosen pembimbing akan siap membantu. Jadi asal kalian rajin ketemu dosen, konsultasi, meskipun ga pinter-pinter amat kalian juga bisa cepet kelar kok skripsinya.
Namun berbeda jika anda kurang ulet, ke kampus aja ogah-ogahan, trus merasa salah jurusan, salah mengambil pilihan hidup. Ya selama anda seperti itu anda akan merasa kesusahan dalam mengerjakan skripsi.

Begitulah jika kita mengamati mahasiswa-mahasiswa semester tua. Sibuk Skripsi, Setres Skripsi, bahkan kakak angkatanku malah ada yang ganti judul skripsi. Terlihat menyeramkan bukan skripsi? ga juga sih, kalau mau dikasih tahu yang indah-indahnya temenku juga ada kok yang udah mau seminar hasil, skripsi udah hampir kelar. Namun ya tentu saja mereka itu ulet. Ke kampus dari jam 8 sampe jam 4 tiap hari ga mengenal sabtu atau minggu. Harapan mereka sangat besar untuk cepat lulus.
Dari tadi saya ceritain temen-temen saya buat contoh, kenapa ga ceritain saya sendiri?
Cerita saya kurang bagus, Semester 8 saja baru mengerjakan proposal, tapi alhamdulillah sih akhirnya tanggal 20 maret seminar proposal.
Harapan saya sih saya bisa lulus september, nah untuk itu semoga setelah saya menulis harapan saya di artikel ini saya akan lebih serius mengerjakan tugas Akhir S1 saya. 
Agar happy ending, dan pembaca tidak kecewa. wkwk.

Dan kalau anda ingin menanyakan kepada saya dengan pertanyaan "Skripsi susah gak sih?"
Akan saya jawab, "Susah! karena saya merasa kesusahan!"
Dan anda bertanya susahnya dimana? "Susahnya untuk memulai! dan melanjutkan!"

Jadi jika anda ingin Skripsi anda cepat kelar, berdasarkan pengalaman saya yang mungkin agak buruk, anda sebaiknya melakukan hal ini
"Jangan merasa susah ngerjain skripsi!, dan Langsung aja Mulai dan terus Lanjutkan!"

Jika anda penasaran kenapa saya merasa susah mengerjakan skripsi, inilah beberapa hal yang mungkin membuat skripsi seakan suatu beban besar dan dipaksakan, bisa anda baca di curhatan yang pertama tentang skripsi.
Dan sebenarnya sampai saat ini saya masih terbebani oleh pikiran-pikiran tersebut.
Ohhh ya ampun.
Kalian yang lagi mengerjakan skripsi juga, semangat ya. Anggep aja ini tantangan! yang harus dilalui dalam hidup.

Iezel
Share: