Cara sederhana mengubah kepribadian seseorang terutama diri sendiri [Part 1]

Saya pernah mendengar istilah begini, kepribadian seseorang sangat sulit untuk diubah. Namun saya punya pemikiran bahwa untuk mengubah kepribadian itu tidak sulit. Tinggal ubah ideologinya, maka kepribadiannya akan mengikuti perubahan ideologinya itu.

Nah namun untuk umur yang sudah cukup dewasa, biasanya ideologi seseorang sudah matang, sehingga akan sangat susah mengubah ideologi seseorang. Mungkin  yang bisa dilakukan adalah perlahan-lahan mengubah kebiasaan sehari-hari terlebih dahulu. Karena bagaimanapun ideologi seseorang sangat lekat dengan apa yang setiap hari dilakukan dan apa yang setiap hari dilihat.

Atas dasar pemikiran seperti itulah saya akan mencoba mengubah pribadi saya sendiri menjadi yang lebih baik, lebih berkualitas, sehingga akan saya awali perubahan itu melalui perubahan kecil dari kegiatan sehari-hari saya. Untuk loncatan pertama memang terasa berat dan agak susah untuk menuju ke arah yang lebih baik. Namun karena kemantapan hati saya untuk menjadi lebih baik inilah saya berjuang dengan sebaik mungkin.

Sebelum lanjut ke cara-cara yang akan saya jelaskan lebih baik saya beritahu dulu bahwa yang namanya baik atau buruk itu relatif. Nah kepribadian yang baik menurut saya antara lain : Rajin, Jujur, Disiplin, Tenang, Kreatif, Pantang Menyerah, Bersemangat, Ceria, dan masih banyak lagi. Saya ingin sekali menjadi orang yang berkepribadian baik.

Nah saya punya pemikiran begini, untuk mengubah kebiasaan kita harus memiliki parameter yang jelas apa saja yang mau diubah dan mau diubah ke arah mana. Just information, Beginilah kegiatan sehari-hari saya..

  • Mandi sehari sekali
  • Main game ga mengenal waktu
  • Tidur sesuka hati
  • Makan masih teratur 2x sehari
  • Keluyuran sesuka hati
  • Baca buku udah jarang banget
  • Ngerjain revisian?? belum, entahlah
  • Olahraga? kayaknya ga pernah
  • Ya gitu-gitu aja terus sih, paling nambah kegiatan ya nge-Blog. Karena emang hobby, namun ingin saya tingkatkan terus tulisan-tulisan saya agar lebih enak dibaca dan lebih bermanfaat untuk pembaca.

Gimana hasilnya? kepribadian saya jadi terkesan malas-malasan, jadi seenaknya sendiri, jadi mudah marah, dan kurang kreatif juga karena kurang membaca, juga kurang dilatih berpikir kreatif.

Nah karena hal itu saya tiba-tiba jadi kepikiran masa depan saya dan juga teringat akan apa yang telah saya tulis di blog ini sebelumnya tentang


yang mungkin saya belum memaksimalkan momen pengangguran saya. Sehingga saya mantapkan diri saya untuk mengubah kebiasaan saya. Dan sangat ingin menemukan apa sebenarnya potensi saya, dan barangkali akan menemukan makna hidup saya.
Ini demi masa depan saya, dan beginilah rencana kegiatan saya yang baru.
(screenshot jadwal kegiatan saya)

Sekedar informasi, hal-hal yang bersangkutan dengan ibadah/hubungan dengan tuhan tidak saya tulis, karena 3 hal berikut

  • Hubungan antara seseorang dengan Tuhannya menurut saya urusan pribadi masing-masing.
  • Saya tidak ingin orang lain menilai/mempersepsikan apa yang saya yakini tentang hal-hal yang menyangkut hubungan dengan Tuhan
  • Saya tidak ingin kegiatan mendekatkan diri kepada Tuhan menjadi suatu paksaan, dengan menuliskannya ke jadwal kegiatan mungkin akan diartikan menjadi suatu hal yang bukan secara alami diinginkan atau bisa dikatakan suatu paksaan. Padahal dalam pemikiran saya mendekatkan diri dengan Tuhan sebaiknya tanpa paksaan, dan itu keinginan yang tumbuh dengan sendirinya, dan tidak terikat waktu. Karena setiap waktu hidup sebaiknya mendekatkan diri dengan Tuhan.

Nah, Semoga saja saya bisa mempraktekan kegiatan sederhana yang saya tulis di dokumen excel ini dengan baik dan konsisten.
Karena saya pernah melihat kutipan begini
“Orang sukses itu karena 3 hal, berusaha, dan berdoa, terus konsisten.”
Karena saya ingin sukses, saya akan mencoba 3 kunci di atas.

Untuk kamu yang tertarik ingin mengubah kepribadian juga, kita bisa bersama-sama melakukannya dan kita akan melihat hasilnya nanti bagaimana. Kamu bisa share bagaimana kegiatan kamu, lalu mau diubah menjadi seperti apa, tulis saja di kolom komentar barangkali akan menginspirasi pembaca yang lainnya.

Untuk Part 2 rencananya nanti akan saya bagikan bagaimana efek mengubah kebiasaan terhadap kepribadian saya, juga nanti akan saya tambahkan beberapa metode lagi (kalau ada).

Semoga bermanfaat, dan semangat untuk perubahannya!

Iezel
Share: