Tentang Sakit, dan Hubungan Sebab Akibat

Alam semesta dan segala isinya diciptakan oleh Tuhan.
Apa yang terjadi di dalamnya begitu indah, saling melengkapi dan saling berkaitan.
Seperti siang dan malam, matahari dan bulan, laki-laki dan perempuan, sehat dan sakit, dan segalanya.
Sungguh  menakjubkan ciptaan-Nya ini.
Bahagianya menyadari bahwa kesempatan untuk merasakan kehidupan ini juga diberikan padaku, padamu, pada kita semua.
Akan berusaha semampuku memahami makna kehidupan ini.
Semoga takkan sia-sia hidup ini.
Begitulah intro dari tulisan ini, yang tercurahkan dari hati.

Hai pem (nb: pembaca), akhirnya aku bisa nulis lagi nih setelah 3 hari. Bukan karena kuota abis,
baca juga:
Cara mendapatkan pulsa gratis gampang all operator
bukan juga karena sibuk (justru aku 3 hari ini ga ada kegiatan)
hayo tebak aku kenapa?
aku abis sakit. (lah malah langsung ngasih tau!)
Sakitnya ga seperti biasanya (biasanya cuma masuk angin, pilek, atau batuk), kali ini aku sakit kepala senud senud di bagian belakang.
Menyiksa sekali, bahkan aku sampe ga bisa tidur. Kamu pernah sakit kaya gitu?
(fyi: sekarang aku masih sakit tapi udah agak mendingan)
Awalnya aku bingung kok tumben sakitnya gini banget, jadi kepikiran ini kenapa?
(Foto diatas itu aku yang lagi sakit, belum mati loh ya) 
Jadi hari itu aku sehat, dan bergairah untuk beraktivitas. Lalu pagi-pagi sekali (sekitar jam 8, itu pagi sekali untuk mandi versiku) aku mandi soalnya rencananya mau ke perpustakaan (buat wifian).
Tidak lupa aku hari ini pakai sepatu, soalnya seminggu sebelumnya aku pernah ga boleh masuk perpustakaan karena pake sendal.
Kalo dipikir-pikir sih ya, apa hubungannya sepatu dengan membaca? bukannya malah risih panas ya pake sepatu? kenapa harus pake sepatu cuma buat masuk perpustakaan?
Ada yang bisa ngasih jawaban logis ga? (nanya beneran)
Begitu sampai di perpustakaan, aku nyari tempat duduk yang dideket pojok. Ya online nyari informasi, hal-hal umum lah. Ga ada yang aneh kayaknya.
Setelah itu tiba-tiba listrik mati, karena aku lagi nanggung ngetik, jadinya aku lanjutin aja ngetiknya sampe selese.
Trus aku pergi ke kampus utk menemui dosen, ehh dosennya ternyata lagi keluar kota. Yaudahhh.
Jadinya aku balik, eh makan dulu ding.

Nah pas makan aku inget, kalo aku makan pake lauk ati ayam. Dan rasanya kalo boleh dibilang itu aneh, karena agak pait gitu. Tapi karena mungkin aku agak sayang buang makanan jadinya aku makan aja.
lalu sorenya tuh tiba-tiba mulai kerasa senud-senud.
Ahhh ini kenapa?
Apa karena diusilin jin di perpus? ahh ga masuk akal, kan aku ga ganggu juga.
Apa karena kegrimisan? hmmm, biasanya paling meriang.
Apa karena ati ayam? entahlah. sekarang mending kalo makanannya rasanya aneh ga aku makan
Ohhh apa karena mandi pagi sekali terus sampoan? mungkin. ga lagi-lagi lah
Apa karena aku pake ikat rambut? mungkin, makanya sekarang aku mending ga pake.
Tapi masih aja aku ga yakin.

Aku kalo sakit ga mau minum obat, aku lebih milih ngerasain sakit tapi sebentar daripada minum obat yang aku tahu itu efek jangka panjangnya lebih bahaya.
Temenku yang tau aku ga mau minum obat nyaranin untuk kerokan aja.
Kalo kerokan aku masih mau lah, soalnya tujuannya kan biar merangsang otak karena adanya inflamasi.
Jadinya ada reaksi kardiovaskular, bikin rasa sakit berkurang, jadi agak anget, peredaran darah makin lancar.
disamping itu juga terlepasnya hormon beta endorfin yang bikin rasa nyaman, segar.
Oiya omong-omong tahu ga kerokan itu siapa yang nemuin?
Kalo aku sih yakin pasti orang yang nemuin kerokan itu orang yang pinter. ya mungkin dulunya tabib atau yang biasa nyembuhin orang lah.
Soalnya sekarang dipraktekin banyak orang sih.

Selama sakit aku banyak terpikir, apa karena aku berbuat kesalahan yah.
Aku berusaha memikirkan ini sebenarnya kenapa?
aku berpikir seperti ini ya karena aku percaya bahwa kalo ada suatu akibat pasti ada sebabnya.
Dan juga percaya kalau kita melakukan suatu aksi, pasti akan ada reaksi.
Seperti juga sakit ini, aku yakin pasti ada sebabnya.
Biar aku tahu gimana nanganinnya aku harus tau ini kenapa.

Dan akhirnya kemarin aku agak yakin sakitku ini kenapa.
Hayo tebak?
(males nebak ahh ntar juga crita)
Haha, sewaktu aku kencing. aku ngrasa kepalaku senud-senud. tapi di mulutku juga terasa senud-senud juga.
Dan agak ada rasa asin gitu di mulut.
Begitu aku meludah, ternyata ada darah.
aku rasa-rasain, ohhhh aku ternyata aku lagi sakit gigi.

Sakit gigi ini mungkin berkaitan dengan beberapa minggu yang lalu, aku dapet musibah.
Pas lagi makan enak-enak, tiba-tiba gigi yang agak bolong malah ngegigit batu yang agak gede jadinya giginya agak ontek, ga kokoh, bisa gerak dikit. itu waktu itu sumpah ngilu sakit banget.
Dan agak lama juga ngilunya sih, berhari-hari.
Lalu yang bikin makin parah sakitnya tuh karena akhir-akhir ini aku jarang sikat gigi malam.
Soalnya wcnya di bawah jadi agak males turun wkwk.
(udah tau kan kamarku di lantai atas?)
Nah, setelah agak yakin sakitku karena itu aku sekarang akan berusaha ga males lagi untuk sikat gigi.
Untuk pengobatan sementara aku kumur-kumur pake air garam.
Secara ilmiahnya sih, air garam kan pekat. nanti bisa mendehidrasi sel bakteri. jadinya sel bakteri ancur.
Intinya sih biar bakterinya pada mati jadi aku kumur-kumur pake air garam.
Ga usah ditelen tapi. wkwk.
Nah mungkin selanjutnya aku bakalan mengurangi makan/minum yang manis-manis dulu.
Doain aku biar cepet sembuh ya pem.
Oiya semoga kamu sehat selalu, jangan kaya aku ya.

Iezel
Share: